Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja

By On Saturday, January 9th, 2016 Categories : Motivation, Reward
Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja

Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja (image source)

Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja

Salah satu alasan yang membuat karyawan menjadi betah bekerja dan meraih kepuasan dalam bekerja adalah reward dan recognition (pengakuan). Namun seringkali reward dan recognition diberikan tidak efektif sehingga apa yang perusahaan berikan tidak memberikan efek atau feedback sama sekali, alhasil apa yang telah diinvestasikan menjadi sia-sia dan bahkan hanya membuat kerugian bagi perusahaan.

Selain memberikan kepuasan dalam bekerja, reward dan recognition juga dipercaya memberikan motivasi dalam bekerja sehingga bukan hanya karyawan penerima reward dan pengakuan saja yang termotivasi akan tetapi membuat semua karyawan akan terdorong semangatnya dan lebih termotivasi dari sistem atau program reward dan recognition yang diterapkan oleh perusahaan, ya lagi-lagi apabila reward dan recognition itu disusun secara efektif dan benar, untuk itu kali ini manajementips memberikan tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja karyawan secara efektif.

Secara prinsip reward dan recognition diberikan kepada karyawan yang terbaik dari sisi performance dan bukan dari hal lainnya misal ; masa kerja, kerajinan dan lainnya. Berikut beberapa tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja karyawan secara efektif dibawah ini ;

  1. Tentukan Ukuran Sukses

Menentukan ukuran performance setiap jabatan dalam departemen, lebih bagus apabila setiap posisi telah memiliki Key Performance Indicator (KPI) yang telah diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, misal saja KPI dari posisi salesman adalah penggabungan dari target penjualan selama sebulan 100juta dan target kunjungan ke customer 200 orang selama sebulan, KPI dinyatakan 100% apabila terpenuhi target penjualan 100juta dan kujungan 200 cutomer dalam sebulan, bila kurang maka nilai KPI juga akan kurang sesuai dengan hasil akhir dalam sebulan.

  1. Tentukan jumlah penerima Reward

Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja yang kedua adalah menentukan jumlah penerima reward, berapa orang dalam setiap posisi jabatan yang akan menerima reward, ya tentunya ini akan kembali ke budget dan berapa jumlah karyawan secara keseluruhan dan jumlah karyawan dalam posisi jabatan tersebut, namun ingat ini bukan memberikan doorprize yang bisa jadi hampir keseluruhan karyawan akan mendapatkan hadiah, prinsipnya kembali adalah memberikan reward kepada karyawan yang paling terbaik dari sisi performance.

  1. Menentukan bentuk reward dan periode pemberiannya

Yang ketiga dari tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja adalah menentukan bentuk reward yang akan diberikan kepada karyawan, tidak semua hadiah yang diberikan harus mahal, pengalaman saya dalam menentukan bentuk reward untuk karyawan dengan cara membagi 3 kategori reward ;

  • Hadiah kecil, namun menjadi tool dalam bekerja, misal sepatu, helm, tas kerja, sepasang Gir + rantai sepeda motor dan lain-lain dengan durasi pemberian setiap bulan.
  • Hadiah sedang, bisa jadi berupa uang tambahan insentif bagi karyawan yang target atau ukuran kerjanya melampaui dari harapan dan ini bisa aja bukan hanya 1 karyawan yang mendapatkannya, dengan durasi setiap bulan.
  • Hadiah utama, misal ; 1 unit sepeda motor, paket perjalanan tamasya atau liburan ke objek wisata terkenal di Indonesia misal Raja Ampat, atau Bali dengan durasi 6 bulan sekali.

  1. Umumkan reward secara langsung

Reward diharapkan transparan dan clear, semua orang tahu aturan mainnya dan ukurannya, semua orang tahu apa hadiahnya dan kapan periodenya, untuk itu umumkan reward dengan cara mengumpulkan semua karyawan atau unit kerja dalam satu ruangan dan sampaikan secara langsung lewat presentasi power point, buat semenarik mungkin.

 

  1. Kampanyekan reward

Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja yang kelima adalah dengan cara mengkampanyekan reward, setelah reward diumumkan lewat presentasi, maka mulailah kampanyekan lewat media pamflet, spanduk, standing banner dan lain-lain, agar program reward masuk kedalam alam bawah sadar karyawan.

 

  1. Berikan reward didepan umum

Salah satu program recognition atau memberikan pengakuan yang efektif adalah memberikan reward di depan semua orang atau karyawan, ya bukan hal yang baru saya kira dan sekecil apapun hadiah dan prestasi usahakan memberikan reward didepan umum, penerima reward akan mendapatkan tepuk tangan, salam hangat, testimoni dan diberikan kesempatan memberikan ucapan sepatah dua kata didepan audience, hal ini sekaligus dapat memberikan motivasi kepada karyawan lainnya.

 

  1. Update pemenang

Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja yang ketujuh adalah jangan lupa mengupdate pemenang setiap priode pemberian hadiah jatuh tempo, misal update bulanan pemenang yang disampaikan didepan umum, dan membuat pamflet nama-nama peraih reward, lebih bagus lagi foto peraih reward bulanan di pajang pada dinding atau di tempel di mading perusahaan.

 

  1. Review bisnis (result)

Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja yang terakhir juga penting yaitu hasil apa yang telah diberikan dari program reward dan recognition tersebut, apakah efektif atau tidak, apakah ada pertumbuhan bisnis dari bulan ke bulan atau tidak, silahkan review hasil bisnis perusahaan anda.

Saya yakin hasil pertumbuhan bisnis adalah hasil dari produktifitas karyawan, dan produktifitas karyawan yang berkualitas ditentukan oleh karyawan-karyawan yang termotivasi, tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja yang efektif diatas merupakan salah satu tool manajemen yang dapat men-drive bisnis.

Silahkan bagi artikel ini :
Tips menyusun reward dan recognition untuk motivasi kerja | urip setiawan | 4.5
Leave a Reply