Kiat menangani Stress di tempat kerja

By On Thursday, October 29th, 2015 Categories : Motivation, Stress
Kiat menangani Stress di tempat kerja

Kiat menangani Stress di tempat kerja (image source)

Kiat menangani Stress di tempat kerja

Stress merupakan gejala psikologis yang umum kita jumpai setiap hari, orang-orang disekeliling kita dan bahkan kita sendiri pernah dan mungkin sering mengalami stress, dan jangan-jangan anda sedang dalam keadaan stress membaca artikel ini. Stress sering kita jumpai di lingkungan kerja, kita sering melihat teman sekantor kedua tangannya memegang kepalanya dengan rambut yang berantakan sambil memandang laptop, melihat pimpinan diluar kendali memarahi bawahannya, sampai karyawan yang jatuh sakit karena beban pekerjaan yang ditanggungnya. Untuk itu kali ini saya akan memberikan Tips terkait dengan stress yaitu kiat menangani stress di tempat kerja.

Secara umum gejala stress mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Tegang dan gugup
  2. Sakit kepala bisa karena tekanan darah meningkat
  3. Kram perut, sakit ulu hati, asam lambung naik
  4. Gelisah, pikiran kacau dan susah focus
  5. Badan gemetar, mulut gemetar saat berbicara
  6. Mudah marah
  7. Sedih, menangis dan lain-lain

Berikut Kiat menangani stress ditempat kerja :

  1. Manajemen Waktu

Sumber stress adalah pekerjaan itu sendiri, apabila pekerjaan tidak selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan maka siap-siap saja akan di follow up oleh atasan, syukur bila pekerjaan tersebut bukan prioritas dan tidak urgent namun bila sebaliknya maka kita dalam kondisi tertekan dan gelisah bila di push oleh atasan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan segera. Buatlah list pekerjaan berdasarkan dengan penting dan urgentnya pekerjaan tersebut dan buatlah kalender kerja agar setiap pekerjaan dapat selesai sesuai bahkan sebelum waktu yang ditentukan.

  1. Minta Bimbingan

Jangan malu dan sungkan kepada atasan atau karyawan yang lebih senior untuk meminta bimbingan apabila ada pekerjaan yang anda tidak kuasai, sumber stress lagi-lagi datangnya dari pekerjaan itu sendiri, sudah pasti kita akan merasa gelisah bila mengerjakan sesuatu yang tidak kita kuasai, maka kuasailah semua pekerjaan anda, banyak bertanya dan selalu belajar.

  1. Terimalah rekan-rekan anda

Lingkungan kerja merupakan tempat berkumpulnya karakter yang berbeda-beda, ada yang bersahabat, periang, suka naik darah, tipe pendiam dan lain-lain, buatlah hubungan baik dengan siapa saja terutama dengan sesama tim dan atasan, hubungan yang tidak baik akan menjadi pemicu stress, bila ada masalah dengan rekan kerja maka selesaikan masalah tersebut secara objective dengan tetap menjalin hubungan baik.

  1. Rileks ditempat kerja

Ditinjau dari suasananya karyawan yang sangat berpotensi dihinggapi stress adalah karyawan kantoran yang waktunya sehari full dihabiskan dalam ruangan dengan pekerjaan yang monoton, hal pertama yang menyerangnya adalah kejenuhan, bosan sampai akhirnya menjadi stress, maka cobalah membuat “manja” diri anda dengan mendengarkan musik-musik instrument, bercanda dengan teman seruangan agar suasana tidak selalu serius.

  1. Cintailah pekerjaan anda

Apapun profesi anda kalau anda tidak mencintai pekerjaan anda maka setiap hari anda hanya dibayangi rasa tidak ikhlas dalam menjalani tugas, menjadi beban dan tidak bahagia, yakinlah setelah itu pekerjaan akan tidak fokus dan mempengaruhi performance, stress pun muncul sebagai hasil akhirnya. Dari awal pilihlah pekerjaan yang diminati dan sesuai keahlian, namun bila telah memiliki pekerjaan yang bukan minat anda dari awal maka syukurilah dan cobalah untuk menjadi ahli dan berprestasi dalam bidang anda saat ini dengan demikian rasa bangga akan terpupuk dan pelan-pelan timbullah cinta.

  1. Berbahagialah dengan keluarga

“Bibit” stress kadang datangnya dari rumah, masalah keluarga seringkali menjadi pemicu stress ditempat kerja, perasaan dan pikiran yang kacau dari rumah ditambah pekerjaan dikantor yang menumpuk sudah pasti menjadi sumber stress yang hebat, bila ada masalah di lingkungan keluarga segeralah diselesaikan, sediakan waktu dihari libur bersama keluarga selain menambah kebahagiaan juga sejenak masalah pekerjaan dikantor pun tidak terpikirkan dan refresh kembali, hari senin masuk kerja dengan energi baru lagi.

Demikian Kiat menangani Stress di tempat kerja dari saya, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat buat rekan-rekan sekalian, terima kasih.

Silahkan bagi artikel ini :
Kiat menangani Stress di tempat kerja | urip setiawan | 4.5
Leave a Reply