Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga

By On Sunday, June 26th, 2016 Categories : Motivation, Stress
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga

Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga (image source)

(Artikel ini ditulis oleh Guest Blogger : Ulfah Maspah Jihanur)

Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga

Rasa syukur tiada terkira ketika seorang wanita di berikan seorang pasangan lalu berkeluarga dan mempunyai keturunan. Seorang wanita dianugerahi oleh tuhan kemampuan yang luar biasa, mereka bisa menjadi apapun dan bertahan dengan kondisi apapun, ketika wanita telah berumah tangga maka banyak hal yang berubah baik secara fisik maupun mental.

Didalam rumah tangga terkadang seorang wanita dihadapkan dengan rutinitas yang itu-itu saja dan monoton serta ruang lingkup yang sempit hanya dari tempat tidur lalu dapur. Kondisi demikian yang dilalui dari hari ke minggu ke bulan lalu tahun yang membuat jenuh dan  stress menghinggapi seorang ibu rumah tangga apabila tidak segera di tanggulangi  berakibat fatal bagi dirinya sendiri dan keluarganya untuk itu melalui artikel ini saya mencoba untuk mengulas Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga.

Berikut  Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang telah saya rangkum dibawah ini :


1. Meditasi / berdiam diri
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang pertama adalah adalah usahakan bangun awal 10 atau 15 menit dari jadwal bangun pagi biasanya untuk berdoa sejenak lalu meditasi atau yoga atau berdiam diri mampu membuat kita lebih tenang dan rileks, duduklah di atas tempat tidur lalu atur napas perlahan tarik dan hembuskan lakukan 5 sampai 10 hembusan lalu buka mata dan bangunlah dari tempat tidur, walaupun kegiatan ini terlihat sepele tapi ini awal yang baik untuk sepanjang hari.


2. Awali dengan senyuman
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang kedua adalah senyuman karena  survei membuktikan senyuman di pagi hari merupakan amunisi terbaik untuk menghadapi rutinitas kegiatan, senyum seorang istri kepada suami dan anak-anaknya memberi aura positif juga bagi mereka dan  juga diri sendiri, apapun yang terjadi tetaplah tersenyum.


3. Tidur
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang ketiga adalah Tidur merupakan cara manusia melepas lelah dan penat, mengusahakan tidur 8 jam dalam sehari merupakan hal yang terbaik. Bagi seorang ibu rumah tangga terkadang melewatkan tidur atau menundanya karena kesibukan mengurus rumah tangga dan anak anaknya. Cobalah ikut Sejenak tidur dengan pulas ketika anak anda tidur siang lupakan sejenak pekerjaan sehingga ketika anda bangun bisa dengan rileks mengerjakannya. Hal semacam itu juga berlaku ketika weekend bangunlah agak telat dari biasanya  bersama suami dan anak anak nikmati kebersamaan di dalam kamar sambil bergurau atau bercerita dengan mereka nikmati waktu itu sebaik mungkin agar kemesraan dan kebersamaan dengan keluarga tetap terjaga.


4. Mencoba hal baru
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang keempat cobalah untuk selalu mengatasi stress dengan mencoba kegiatan kegiatan tidak seperti biasanya seperti memasak menu baru dengan mengajak suami atau anak-anak untuk sekedar mencicipi atau mengomentari masakan baru anda. Mengatur atau memindah mindahkan perabotan furniture rumah anda. Anda juga bisa membersihkan barang barang kesukaan anda atau bercocok tanam di kebun serta merawat tanaman bunga anda di taman. Hal tersebut adalah cara agar anda Agar anda tidak terfokus hanya kegiatan rumah tangga yg monoton.


5. Bernyanyi atau mendengarkan musik
Yang kelima dari Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga cobalah untuk melakukan kegiatan memasak, mencuci dll dengan bernyanyi atau mendengarkan lagu favorit anda,secara tidak langsung hal ini dapat mengurangi beban anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga karena dilakukan dengan gembira.


6. Bersosialisasi
Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan jadi alasan untuk berdiam diri di rumah tanpa melakukan apapun di luar hanya demi kegiatan rumah tangga. Mengikuti arisan dengan mengobrol serta berbagi cerita tentang apapun sampai tertawa lepas merupakan hal yang baik untuk mengusir stress, mengobrol dengan tetangga serta Menjalin silaturahmi dengan berkunjung ke rumah sanak famili juga hal yang baik untuk dilakukan dalam melepas penat di rumah. Tapi kesemua itu bukan berarti menelantarkan anak dan masih dalam batas normal dan izin suami, ini Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang keenam.

 

7. Memanjakan diri
Lelah mengurus segala urusan rumah tangga wajar bagi para ibu menyenangkan dirinya sendiri dengan pergi kesalon atau melakukan perawatan diri di rumah dengan berendam air hangat ataupun luluran. Mintalah suami untuk menjaga buah hati sejenak agar anda tenang dan rileks melakukannya. Belanja untuk diri sendiri juga alternatif wanita dalam mengatasi stress tapi harus juga disesuaikan dengan kemampuan keuangan anda.


8. Liburan
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang kedelapan adalah Berlibur, merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi seorang ibu rumah tangga. Pilihlah tempat yang menyenangkan yang telah di sepakati bersama. Pergi ke tempat rekreasi, pantai atau tempat yang memiliki pemandangan indah agar mata dan pikiran terhibur dan jiwa menjadi tenang.


9. Bercinta
Tidak dapat di pungkiri manusia itu harus tercukupi kebutuhan lahiriah dan batiniah. Nah apabila kebutuhan lahiriah telah tercukupi maka batiniah juga harus terpenuhi. Cobalah untuk berduaan dengan suami entah dikamar bercerita masa pacaran ataupun pergi menonton film kesukaan berdua dikamar atau bioskop ataupun mencoba gaya baru bercinta. Hal tersebut obat mujarab dalam menangkal stress serta menambah imunitas tubuh kita. Cobalah untuk bercerita berkeluh kesah tentang kegiatan anda dirumah dan mengurus anak-anak mintalah bantuannya dan pendapatnya mengenai urusan rumah tangga. Hal tersebut juga dapat mempererat ikatan rumah tangga menjadi bergairah dan harmonis, so ini Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga yang terakhir.

Banyak hal yang dapat dilakukan seorang ibu rumah tangga dalam mengatasi kejenuhan mengelola urusan rumah tangga. Apapun itu semua hal dapat dilalui dengan kesungguhan hati dan keikhlasan dalam melakukannya serta selalu  mendekatkan diri dan ingat kepada Tuhan YME adalah kunci dari semua itu. Semoga Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga tersebut diatas berguna bagi para wanita yang merupakan pahlawan rumah tangga agar menjadi keluarga harmonis dan mencetak generasi yang berguna bagi semua.

Silahkan bagi artikel ini :
Cara mengelola stress sebagai ibu rumah tangga | urip setiawan | 4.5
Leave a Reply