Ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun

By On Monday, January 18th, 2016 Categories : Motivation, Stress
Ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun

Ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun (image source)

Ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun

Saat perusahaan dalam kondisi merugi, bisnis tidak tumbuh atau tingkat produksi tidak tercapai sesuai dengan target maka sudah pasti anda harus melakukan review bisnis bersama tim anda, berbagai analisis dan asumsi akan muncul dalam menafsirkan kemungkinan-kemungkinan penyebabnya.

Tidak sedikit kasus di beberapa perusahaan yang hasil bisnisnya tidak kejadian sesuai dengan harapan terjadi bukan karena masalah-masalah teknis, bukan pula dari salah strategi, bukan karena kesalahan eksekusi dan bukan dari hal lainnya lagi tapi satu hal yang sudah umum terjadi yaitu hilangnya motivasi kerja karyawan secara masal sehingga mempengaruhi kinerja setiap individunya alhasil goal perusahaan tidak tercapai.

Untuk itu perlu kita ketahui ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun sehingga kita dapat mendeteksi sejak dini, lalu menganalisis penyebabnya dan memberikan treatment yang tepat. Berikut
ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun yang manajementips rangkum :

1. Tingkat absensi meningkat
Ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun yang pertama ditunjukkan dari absensi yang meningkat, kealpaan dan ijin akan meningkat yang mana sebelumnya tingkat kehadiran cukup bagus dan terjaga.

2. Eksekusi menjadi lambat
Ciri-ciri berikutnya ditunjukkan dengan sering lambatnya pekerjaan diselesaikan, akan terasa perubahannya dimana sebelumnya eksekusi dilakukan dengan cepat dan tepat waktu.

3. Sering terjadi kesalahan eksekusi
ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun yang ketiga ditunjukkan dengan seringnya terjadi kesalahan baik dalam hal eksekusi ataupun kesalahpahaman dalam menangkap deployment dari atasan, sehingga mempengaruhi kualitas eksekusi.

4. Respon menurun
Bukan hanya melambat namun respon karyawan pun bisa jadi menurun dengan drastis, beberapa instruksi dari atasan bisa saja ada yang tidak dikerjakan oleh bawahan, keadaan ini bisa saja dapat terjadi dalam level motivasi menurun sudah sangat akut.

5. Menghindar dalam keterlibatan
Yang terakhir dari ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun ditunjukkan oleh karyawan yang suka menghindar dalam kegiatan-kegiatan kebersamaan misal saja ada acara makan malam bersama dengan tim, atau kumpul-kumpul tim di suatu tempat, karyawan yang motivasi kerjanya menurun biasanya akan menghindar dari kegiatan-kegiatan seperti itu.

Dengan mengetahui sejak dini yang menjadi ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun akhirnya kita dapat menanggulangi sejak dini sebelum merusak  performance secara individu atau secara masal, kita bisa memberikan intervensi yang tepat sebelum mempengaruhi hasil bisnis, demikian artikel ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun semoga dapat membantu terima kasih.

Silahkan bagi artikel ini :
Ciri-ciri motivasi kerja karyawan menurun | urip setiawan | 4.5
Leave a Reply